Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi diperlukan untuk mengenalkan pemikitan akuntansi dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan. Setiap transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan dicatat dengan menggunakan sistem berpasangan dan prinsip keseimbangan antara aktiva dengan pasiva artinya jumlah kekayaan harus sesuai dengan hak atas kekayaan perusahaan tersebut. Persamaan dasar akuntansinya dapat ditulis sebagai berikut :

Pasiva dibagi menjadi dua, yaitu hak dari para kreditur (liabilitas) dan hak dari pemilik perusahaan (ekuitas), artinya aset bisa berasal dari pemilik perusahaan yang disebut ekuitas atau modal dan bisa juga berupa pinjaman (dari luar perusahaan) yang disebut utang atau liabilitas. Jadi, persamaan dasar akuntansinya berubah menjadi seperti berikut :

Analisis Transaksi Terhadap Persamaan Dasar Akuntansi

Suatu transaksi keuangan sangat berpengaruh terhadap persamaan dasar akuntansi. Beberapa kemungkinan analisis transaksi tersebut diantaranya sebagai berikut :

a. Suatu transaksi dapat memengaruhi harta saja, harta dan utang, harta dan modal, utang dan modal, serta besarnya harta,utang,dan modal.

b. Penambahan atau pengurangan aktiva akan selalu timbul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap pasiva (utang dan modal).

c. Pendapatan akan selalu menambah modal, sedangkan beban akan selalu mengurangi modal.

Sedangkan hal-hal yang dapat mempengaruhi besarnya ekuitas suatu perusahaan dalam pencatatan persamaan akuntansi, antara lain :

a. Adanya laba atau rugi perusahaan

b. Adanya pendapatan yang diterima perusahaan

c. Adanya beban yang dikeluarkan perusahaan

d. Adanya pengambilan untuk keperluan pribadi (Prive)

e. Adanya investasi tambahan dari pemilik atau dari sumbangan (donasi)

Pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi, antara lain sebagai berikut:

A. Mempengaruhi aset aja, aset dan liabilitas, aset dan ekuitas, liabilitas danekuitas.

B. Penambahan atau pengurangan aset akan selalu tim,bul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap liabilitas dan ekuitas.

C. Pendapatan akan selalu menambah ekuitas, sedangkan beban akan selalu mengurangi ekuitas.

Leave a Reply