Bagaimana dengan materi jurnal penutup semoga anda dimudahkan dalam memahaminya. Baik selanjutnya setelah membuat jurnal penutup sesuai dengan siklus akuntansi kita akan melakukan posting ke buku besarnya. Anda masih ingat cara posting dari jurnal ke buku besar! Untuk posting dari jurnal penutup ke buku besar dapat dilakukan dengan penjelasan berikut:

1. Buku Besar Setelah Penutupan

Baik sebelum kita memulai pembahasan materi buku besar setelah penutupan, anda harus meyakinkan bahwa jurnal penutup sudah dipahami. Untuk proses posting setelah penutupan silahkan anda perhatikan penjelasan berikut ini:

Berikut Buku besar dari Perusahaan Jasa Indah setelah dilakukan jurnal penutup :

Buku besar di atas adalah buku besar setelah penutup untuk akun pendapatan, beban, prive, sedangkan untuk akun Riil seperti kas, perlengkapan , Peralatan , Utang ( akun Riil) tidak dibuat jurnal penutup sehingga saldo buku besarnya seperti yang tergambar dalam neraca saldo.

2. Neraca Saldo Setelah Penutupan

Sebelum membahasa neraca saldo setelah penutupan, silahkan anda perhatikan secara seksama buku besar setelah penutupan di atas. Berdasarkan nilai saldo setiap akun yang dibuatkan jurnal penutup secara keseluruhan di buku besarnya bersaldo nol. Hal ini sesuai dengan penjelasan terkait dengan tujuan membuat jurnal penutup, coba silahkan dibaca lagi.

Baik dengan selesainya kita membuat buku besar setelah penutupan maka kita akan menyusun neraca saldo setelah penutupan. Neraca saldo setelah penutupan adalah daftar akun dan saldonya pada awal periode berikutnya sebagai dasar pencatatan periode tersebut, tujuan dibuatnya neraca saldo setelah penutupan unutk memastikan jumlah aktiva sama dengan pasiva ( utang dan modal) Baik kita susun neraca saldo dari Perusahaan Jasa Indah sebagai berikut :

Perusahaan Jasa Indah Neraca Saldo Setelah Penutupan Per 31 Desember 2019

Berdasarkan neraca saldo setelah penutupan di atas, akun yang ada pada neraca tersebut hanya akun riil (harta, uang dan modal). Bagaimana sampai disini ada yang masih belum dipahami, jika belum silahkan untuk baca kembali dengan teliti dan jika ada teman atau saudara yang dianggap memiliki pengetahuan tentang akuntansi silahkan berdiskusi.

Leave a Reply