Setiap teks memang memiliki struktur agar penyusun teks jauh lebih baik dan benar. Seperti halnya teks prosedur, dimana ada struktur pada saat pembuatan maupun penyusunan teksnya.

Struktur teks prosedur tentunuya sangat penting sekali pada saat pembuatan teksnya, dan struktur itu terbagi menjadi 3, Yang pertama ialah bagian tujuan, yang kedua adalah langkah-langkah dan yang ketiga ialah bagian penegasan ulang.

Penasaran seperti apa struktur teks prosedur?

Simak penjelasan struktur teks prosedur berikut ini:

  1. Tujuan
    Untuk struktur tujuan yang ada di dalam teks prosedur meang cukup beragam, contoh yang paling sering kita jumpai ialah pengantar topik. Tak hanya itu saja, bisa saja tujuan tersebut berisi mengenai kenapa teks prosedur tersebut di buat. Yang artinya, tujuan ini merupakan hasil akhir jika kita melakukan suatu hal yang mana mengikuti pedoman langkah-langkah yang ada di dalam teks prosedur tersebut.
  2. Langkah-langkah
    Untuk bagian yang ke dua ialah bagian langkah-langkah yang mana di dalamnya menerangkan mengenai proses dari tahapan maupun langkah yang wajib untuk di laksanakan demi memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal dimana sesuai dengan tujuan dari pembuatan teks prosedur.
    Pada bagian ini, langkah-langkah wajib di susun dengan cara yang berurutan sebab nantinya akan membahas dari tahapan nol sampai pembahasan hasil pencapaian. Misalnya saja, pada saat kita membuat sebuah teks prosedur mengenai memasak tidak mungkin sekali saja kita akan menulis langsung mengenai menghidangkan masakan sebelum kita menjelaskan langkah-langkah dari proses penyiapan bahan dan proses memasaknya.
  3. Penegasan ulang
    Untuk penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Perhatikan contoh teks prosedur berikut!

Cara Mendaftar UTBK

UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN.

Pendaftaran harus dilakukan melalui website LTMPT selaku penyelenggara ujian ini. Jika sudah mendaftar, mahasiswa bisa mendapatkan bukti yang bisa dicetak melalui website tersebut.

Langkah-langkah:

  1. Pastikan sudah memiliki akun LTMPT
  2. Login menggunakan akun LTMPT di laman portal LTMPT
  3. Pilih menu pendaftaran UTBK- SBMPTN
  4. Pilih pusat UTBK
  5. Istilah kebutuhan khusus jika diperlukan
  6. Jika mendaftar melalui skema KIP, maka lakukan tahapan berikut :
    a. Pastikan sudah memiliki KIP kuliah
    b. Isi nomor pendaftaran KIP kuliah
  7. Isi jenis jurusan SMTA
  8. Pilih PTN dan program studi yang diminati
  9. Unggah portofolio (bagi program studi yang menjawabkan untuk mengunggah portofolio)
  10. Lakukan konfirmasi data dan melakukan simpan paermanen
  11. Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN

Dengan persiapan matang dan mengerjakan soal dengan baik saat mengikuti UTBK, semoga kita dapat berhasil dan diterima menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN.

Tujuan prosedur di atas dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks, Pada contoh teks berjudul “Cara Mendaftar UTBK” , tujuan yang dimaksud adalah yang berupa pengertian UTBK dan manfaat bagi peserta, yaitu:

UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN.

2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait pada topik tertentu Pada contoh teks berjudul “CaraMendaftar UTBK” , langkah-langkahnya, yaitu:

Langkah-langkah:

  1. Pastikan sudah memiliki akun LTMPT
  2. Login menggunakan akun LTMPT di laman portal LTMPT 
  3. Pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN
  4. PIlih pusat UTBK
  5. Isilah kebutuhan khusus jika diperlukan
  6. Jika mendaftar melalui skema KIP, maka lakukan tahapan berikut:
    a. Pastikan sudah memiliki KIP kuliah
    b. Isi nomor pendaftaran KIP Kuliah
  7. Isi jenis jurusan SMTA
  8. PIlih PTN dan program studi yang diminati
  9. Unggah portofolio (bagi program studi yang mewajibkan untuk mengunggah portofolio)
  10. Lakukan konfigurasi data dan melakukan simpan permanen
  11. Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN

3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik. Pada contoh teks berjudul “Cara Mendaftar UTBK” penegasan ulangnya ,yaitu:

Dengan persiapan matang dan mengerjakan soal dengan baik saat mengikuti UTBK, semoga kita dapat berhasil dan diterima menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diperoleh bagan struktur teks prosedur sebagai berikut.

Leave a Reply